Kamis, 06 Desember 2018

BAB 8 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY

Multimedia dan Virtual Reality

A. Multimedia
Pengertian multimedia adalah interaksi antara teks, suara, gambar statis, animasi, dan video, yang merupakan elemen multimedia (Perry,1994).  Dituinjau dari kata, multimedia berarti melibatkan berbagai media.  Dengan menggunakan multimedia, kita bisa melihat informasi pada layar baik berupa teks ataupun gambar dan video dan pada waktu yang bersamaan kita bisa mendengarkan paparan dalam bentuk suara melalui speaker.
a. Aplikasi Multimedia
1. Presentasi bisnis
2. Pelatihan berbasis komputer (Computer Based-Training)
3. Hiburan
4. Pendidikan
5. Penyajian informasi
6. Kios interaktif
7. Telekonfrensi
b. Kebutuhan Perangkat Keras
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia palig tidak memiliki komponen yang disebut kartu suara (sound card), speaker, dan mikrofon.  Umumnya, komputer pada masa sekarang telah dilengkapi dengan komponen-komponen tersebut.
c. Elemen Multimedia
1. Teks
Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang menggunakan beris perintah ataupun GUI.  Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk maupun ukuran.
2. Suara
Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu; misalnya untuk memperdengarkan cara pelafalan sebuah kata dalam bahasa Inggris.  Dengan bantuan suara, pemakai dapat mendengar bunyi suatu kata dengan tepat.  suara pada komputer disimpan dengan berbagai format :
  • Audio Interface File Format/AIFF (.aif)
  • AU (.au)
  • Musical Instrument Digital Interface/MIDI (.mid)
  • MP3 (.mp3)
  • OGG (.ogg)
  • WAVE (.wav)
  • WMA (.wma)
3. Gambar Statis
Kata pepatah “Gambar mewakili seribu kata”.  Hal ini mencerminkan bahwa sebuah gambar seringkali dapat menjadi lebih berarti bagi seseorang daripada sejumlah kata.  Umumnya, gambar disimpan dengan cara dimampatkan.  Tujuannya untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal.  Banyak format yang digunakan dalam sistem komputer untuk penyimpanan gambar.
  • BitMap Graphics (.bmp)
  • CorelDraw (.cdr)
  • Drawing eXchange Format  (.dxf)
  • Encapsulated PostScript (.eps)
  • Graphics Interchange Format (.gif)
  • Joint Photographic Expert Group (.jpg, .jpeg, atau .jpe)
4. Animasi
Animasi berarti teknik untuk membuat gambar yang bergerak.  Cara sederhana untuk membuat gambar yang bergerak adalah dengan menggunakan sejumlah gambar yang berbeda sedikit.  Teknik animasi yang lain yang sangat terkenal adalah morphing.  teknik ini dilakukan dengan menggunakan konsep metamorfosa dari suatu gambar awal menjadi gambar akhir.
5. Video
Video meyertakan sererentan gambar yang menyiratkan suatu kejadian dan biasa disertai dengan suara.  Berikut adalah sejumlah format berkas video.
  • Audio/Video /AVI (.avi)
  • MOV
  • Motion Picture Experts Group/MPEG (.mpeg)
  • Flash Video File/FLV (.flv)
  • Matroska Video/MKV (.mkv)
Contoh perangkat lunak yang biasa digunakan untuk membuat film atau yang lain yaitu Adobe Premiere.Windows juga menyediakan perangkat lunak untuk keperluan ini, yaitu Windows Movie Maker.
d. Perangkat Lunak untuk Menciptakan Program Multimedia
Perangkat lunak yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut Multimedia Authoring System (atau sering disebut authoring software).  Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software adalah AuthorWare, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director.
B. Virtual Reality
Virtual Reality adalah teknologi yang memungkikan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehingga pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
a. Peranti Virtual Reality
  • Gloves adalah peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality.
  • Headset peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah pemain melihat dunia nyata.
  • Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki dan juga megatur kaki pemakai agar dapat merasakan beban seperti kalau melangkah dalam dunia nyata.
b. Cara Kerja Virtual Reality
Pemakai melihat suatu dunia yang semu yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis.  melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistik.  Melalui headphonegloves, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.
c. Aplikasi Virtual Reality
  • SGS-Thomson Microelectronics sebuah perusahaan manufaktur semikonduktor di Phoenix, memeakai perangkat lunak yang bernama Superscape VR untuk keperluan training dalam bentuk simulasi (Zwass, 1995, hal.151).
  • Matsushita Electric Work memakai sistem vortual reality yang dinamakan Virtual Kitchen untuk membantu pemakai memilih sejumlah peralatan dapur dan mengubah peletakan peralatan dapur seperti kulkas dan mesin pencuci piring (Haag, dkk., 2000, hal 293 dan Laudon & Laudon, 1998, hal 559)
  • Chrysler, perusahaan otomotif di Amerika, menggunakan sistem virtual reality dalam proses perancangan mobil. (Lucas, 2000, hal. 683)
  • Volvo merupakan sistem virtual reality untuk menguci kecelakaan mobil secara virtual (Turban, McLean, dan Werterbe, 1999, hal. 507)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar